Rabu, 27 Februari 2013

TAKHRIJ AL-HADITS DAN JARHU WAT TA’DIL



D. BAGAN SANAD DARI 4 (EMPAT) JALUR
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
 
 أبوهُرَيْرَةَ

 سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ

الزُّهْرِيّ         ابْنِ شِهَابٍ،

                     صَالِحٍ                                                        مَعْمَر

بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَعْدٍ             لَيْث                                     الرَّزَّاق  ا    
 يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيم               هَاشِمٌ                                  أبو عوّان  
الطبراني                                
امام احمد           
أَبُو دَاوُدَ الْحَرَّانِيُّ





E.   ANALISAS SANAN DARI MASING-MASING JALUR DAN RINCIAN BAGAN SANAD

. Musnad  At-Tobroni1

رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

ابوهُرَيْرَةَ


 
 سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ


 
الزُّهْرِيّ


 
الطبراني

113 – وَعَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَيُوشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا فَيَكْسِرُ الصَّلِيبَ , وَيَقْتُلُ الْخِنْزِيرَ وَيَفِيضُ الْمَالُ حَتَّى لَا يَقْبِضَهُ أَحَدٌ»

الاسم : محمد بن مسلم بن عبيد الله بن عبد الله بن شهاب بن عبد الله بن الحارث بن زهرة القرشى الزهرى ، أبو بكر المدنى
الطبقة :  4  : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة :  125 هـ و قيل قبلها بـ شغب
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري – مسلم – أبو داود – الترمذي – النسائي – ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  الفقيه الحافظ متفق على جلالته و إتقانه
رتبته عند الذهبي :  أحد الأعلام
Analisa sanad hadits secara terpisah:
1.      Az-Zuhri dilihatat dari tingkatan-nya adalah termasuk dalam tingkatan ke empat.
2.      Dilihat pada tahun wafat-nya beliau 125 H, akan menunjukkan ke-logisan antara pertemuan beliau dengan Sa’id bnu Musayyib yang wafat pada tahun 90 H yang selisih 35 tahun dalam pertemuannya. Demikianlah yang tercantum dalam kitab Tahtziibi Al-Kamal bahwa A-z-Zuri adalah murid dari Sa’id bnu Musayyib.
3.      Jika dilihat dari sisi yang mengambil hadits atau yang meriwayatkan hadits dari beliau adalah termasuk ‘Allamah-‘allamah terkemuka, seperti Imam Bukhori, Muslim, Abu Daud, At-Tarmizi, An-Nasa-I dan Ibnu majah, yang bisa dipastikan bahwa Az-Zuhri adalah beran-benar ‘Allamah yang bisa dipercaya, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Hajar, bahwa  Az-Zuhri adalah Faqiih, AL-Haafidz.
4.      Sedangkan menurut Az-Zahabi adala salah seorang ‘Allamah.
قال المزي في تهذيب الكمال  :
( خ م د ت س ق ) : محمد بن مسلم بن عبيد الله بن عبد الله بن شهاب بن عبد الله ابن الحارث بن زهرة بن كلاب بن مرة بن كعب بن لؤى بن غالب القرشى الزهرى ، أبو بكر المدنى ، سكن الشام .
قال المزي في تهذيب الكمال : روى عن 

أبان بن عثمان بن عفان ( سى( /سعيد بن المسيب بن حزن بن أبى وهب بن عمرو بن عائذ بن عمران بن مخزوم القرشى المخزومى ، أبو محمد المدنى ( سيد التابعين )/إبراهيم بن عبد الله بن حنين ( د ت س )/ إبراهيم بن عبد الرحمن بن عوف ( ق )    . . .   / إسماعيل بن محمد بن سعد بن أبى وقاص ( م )

قال المزي في تهذيب الكمال : روى عنه 

أبان بن صالح ( س ) إبراهيم بن إسماعيل بن مجمع ( خت ) إبراهيم بن سعد الزهرى ( خ م د س ق ) إبراهيم بن أبى عبلة ( س )    . . .    إبراهيم بن نشيط الوعلانى ( س )

الاسم : سعيد بن المسيب بن حزن بن أبى وهب بن عمرو بن عائذ بن عمران بن مخزوم القرشى المخزومى ، أبو محمد المدنى ( سيد التابعين )
الطبقة :  2  : من كبار التابعين
الوفاة :  بعد 90 هـ
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري – مسلم – أبو داود – الترمذي – النسائي – ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  أحد العلماء الأثبات الفقهاء الكبار اتفقوا على أن مرسلاته أصح المراسيل وقال ابن المدينى لا أعلم فى التابعين أوسع علما منه
رتبته عند الذهبي :  الإمام ، أحد الأعلام ، و سيد التابعين ، ثقة حجة فقيه ، رفيع الذكر ، رأس فى العلم و العمل
 Analisa sanad hadits secara terpisah:
1.      Sa’id bnu Musayyib dilihatat dari tingkatan-nya adalah ter masuk dalam tingkatan ke 2, atau termasuk dalam golongan Kibaaru Tabi’iin.
2.      Dilihat pada tahun wafat-nya beliau 90 H, akan menunjukkan ke-logisan antara pertemuan beliau dengan Abu Hurairoh yang wafat pada tahun 57/58/59 H. Demikianlah yang tercantum dalam kitab Tahtziibi Al-Kamal bahwa A-z-Zuri adalah murid/mengambil hadits dari Abu Hurairoh.
3.      Jika dilihat dari sisi yang mengambil hadits atau yang meriwayatkan hadits periwayatan beliau adalah termasuk ‘Allamah-‘allamah terkemuka, seperti Imam Bukhori, Muslim, Abu Daud, At-Tarmizi, An-Nasa-I dan Ibnu majah, yang bisa dipastikan bahwa Sa’id bnu Musayyab adalah beran-benar ‘Allamah yang bisa dipercaya, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Hajar bahwa Sa’id bnu Musayyab adalah Faqiih. Sedangkan menurut Az-Zahabi adala salah seorang ‘Allamah yang Tsiqoh.

قال المزي في تهذيب الكمال  :
( خ م د ت س ق ) : سعيد بن المسيب بن حزن بن أبى وهب بن عمرو بن عائذ بن عمران ابن مخزوم القرشى ، المخزومى ، أبو محمد المدنى ، سيد التابعين .
قال المزي في تهذيب الكمال : روى عن 

أبى بن كعب ( ق ) /أبو هريرة الدوسى اليمانى ( حافظ الصحابة ، اختلف فى اسمه و اسم أبيه اختلافا كثيرا )/ أنس بن مالك ( ت )/ ، من طريق ضعيف البراء بن عازب ( س )/    . . .  بصرة بن أكثم الأنصارى ( د )

قال المزي في تهذيب الكمال : روى عنه 

إدريس بن صبيح الأودى ( ق )/ : محمد بن مسلم بن عبيد الله بن عبد الله بن شهاب بن عبد الله بن الحارث بن زهرة القرشى الزهرى ، أبو بكر المدنى/ أسامة بن زيد الليثى ( د )/ إسماعيل بن أمية بشير بن المحرر ( د )/   . . .    بكير بن عبد الله بن الأشج ( م س

الاسم : أبو هريرة الدوسى اليمانى ( حافظ الصحابة ، اختلف فى اسمه و اسم أبيه اختلافا كثيرا )
الطبقة :  1 : صحابى
الوفاة :  57 هـ ( 58 أو 59 هـ قيل ذلك )
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر :  صحابى
رتبته عند الذهبي :  صحابى ، كان حافظا متثبتا ذكيا مفتيا ، صاحب صيام و قيام
Analisa sanad hadits secara terpisah:
1.      Abu Hurairoh, jika dilihatat dari tingkatan-nya adalah ter masuk dalam tingkatan ke 1, atau termasuk dalam golongan Sahabat Nabi Sallallahu’alaihi Wasallam.
2.      Dilihat pada tahun wafat-nya beliau 57/58/59 H, akan menunjukkan ke-logisan antara pertemuan beliau dengan Nabi Sallallahu’alaihi Wasallam, yang sudah tidak terbantahkan dan tidak ada keraguan dari ‘Ulamak mana-pun tentang pertemuan Abu Hurairoh dengan Nabi Sallallahu’alaihi Wasallam. Demikianlah yang tercantum dalam kitab Tahtziibi Al-Kamal bahwa Abu Hurairoh adalah murid/mengambil hadits dari Nabi Sallallahu’alaihi Wasallam.
3.      Jika dilihat dari sisi yang mengambil hadits atau yang meriwayatkan hadits periwayatan beliau adalah termasuk ‘Allamah-‘allamah terkemuka, seperti Imam Bukhori, Muslim, Abu Daud, At-Tarmizi, An-Nasa-I dan Ibnu majah, yang bisa dipastikan bahwa Abu Hurairoh adalah beran-benar ‘Allamah yang bisa dipercaya.
4.      Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Hajar bahwa Abu Hurairo adalah Sahabat.
5.      Demikian juga menurut Az-Zahabi mengatakan yang sama.
قال المزي في تهذيب الكمال  :
( خ م د ت س ق ) : أبو هريرة الدوسى اليمانى ، صاحب رسول الله صلى الله عليه وسلم ، و حافظ الصحابة .

قال المزي في تهذيب الكمال : روى عن 

النبى صلى الله عليه وسلم ( خ م د ت س ق )/ أُبى بن كعب ( د ت س )/ أسامة بن زيد بن حارثة ( س )/ بصرة بن أبى بصرة الغفارى ( د ت س )    . . .  /عمر بن الخطاب ( خ م د ت س ق ).

قال المزي في تهذيب الكمال : روى عنه 

إبراهيم بن إسماعيل ( د ق/ سعيد بن المسيب بن حزن بن أبى وهب بن عمرو بن عائذ بن عمران بن مخزوم القرشى المخزومى ، أبو محمد المدنى ( سيد التابعين )/إبراهيم بن عبد الله بن حنين ( بخ ق )/ إبراهيم بن عبد الله بن قارظ ( م س ) ( و يقال : )    . . . عبد الله بن إبراهيم بن قارظ الزهرى ( م س )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar